Tips Menambah Tinggi Badan

Published April 7, 2012 by ratnamaniezt

Tinggi badan merupakan bagian dari pertumbuhan, oleh karena itu tinggi badan seseorang akan terus bertambah hanya pada masa pertumbuhan saja. Jika pun ada, itu adalah bertambah panjangnya susunan tulang belakang. Itu pun akan berhenti sampai Anda menginjak usia 20 tahun.

Hal ini rupanya menjadi hal serius yang perlu kita perhatikan. Sebelum terlambat, Anda bisa memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak Anda agar apa yang Anda alami tidak dialami buah hati Anda. Kami akan uraikan mengenai tinggi badan dan tips menambah tinggi badan yang tepat pada masa pertumbuhan.

Faktor yang Berpengaruh pada Tinggi Badan

Pertambahan tinggi badan antara satu orang dengan yang lainnya biasanya berbeda. Karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  1. faktor genetik (keturunan), Ini mudah diprediksi dari keluarga-keluarga yang sudah ada sebelumnya. Biasanya jika keluarganya baik dari ayah, atau ibu memang tinggi, maka anaknya pun tidak akan jauh berbeda.
  2. Gizi, yaitu asupan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi pada anak dalam masa pertumbuhan terutama, asupan karbohidrat, kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak.
  3. Variasi individu, maksudnya setiap manusia diciptakan dengan bentuk yang berbeda-beda, termasuk tinggi badan maupun pertambahan tinggi badan mereka.

Ketiga hal ini sebetulnya tidak mutlak, karena bisa saja walaupun keluarganya kebanyakan tidak memiliki badan yang tinggi, jika ia selalu makan makanan bergizi dan sering melakukan latihan fisik, maka tingginya bisa lebih tinggi dibandingkan anak yang faktor genetiknya tinggi, tapi kurang gizi.

Perlu diingat pula bahwa semakin sering si anak terinfeksi pada masa pertumbuhan, maka akan semakin terhambat juga proses pertumbuhannya. Penyakit yang menghambat pertumbuhan ini di antaranya cacingan, flu, dan diare.

Parameter Mengukur Tinggi Badan Ideal

Untuk menilai apakah pertumbuhan anak berjalan dengan normal, perlu diikuti pertambahan berat badannya juga. Dengan KMS (kartu Menuju Sehat) kita dapat mengetahuinya.

Jika ternyata pertumbuhan anak sudah melewati jalur idealnya harus dibatasi asupan kalorinya agar tidak terjadi kegemukan, begitu pun sebaliknya. Bagi yang berada di bawah jalur pertumbuhan ideal harus diberi ekstra makanan tambahan dan pastikan keperluan gizi wajibnya terpenuhi.

Pada bayi berumur setahun tinggi badannya bertambah satu setengah kali panjang badan ketika ia lahir. Pada umur empat tahun dua kali panjang ketika ia lahir. Pada usia 13 tahun tiga kali panjang ketika ia lahir. Pada usia dewasa diperkirakan dua kali tinggi pada saat anak berumur dua tahun.

Selain itu, ada juga rumus yang dapat Anda coba terapkan untuk mengukur tinggi maksimal Anda atau buah hati Anda:

Perempuan: tinggi badan ayah + tinggi badan ibu – 13 / 2 + 8,5 cm

Laki-laki: tinggi badan ayah + tinggi badan ibu + 13 / 2 + 8,5 cm

Tips Memaksimalkan Tinggi Badan

  • Tubuh diisi dengan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan
  • Olahraga dapat membentuk postur tubuh yang baik adalah dengan latihan beberapa cabang olahraga dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.
  • Asupan kalsium yang cukup. Untuk usia 17 tahun kalsium yang dibutuhkan dalam sehari 1200-1500 mg. Bisa didapatkan dari susu, brokoli, cokelat, keju, sarden, ikan salmon, dan sayuran hijau.
  • Hindari makan fast food karena kandungan kalsiumnya lebih rendah.
  • Jangan terlalu banyak minum minuman bersoda atau kafein, karena bisa menghalangi penyerapan kalsium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: